Pola – pola candlestick sendiri dibagi menjadi dua besar, yaitu pola Continuation dan pola Reversal. Namun mengingat luasnya analisa candlestick dan keterbatasan scope dalam buku ini, maka saya hanya menampilkan candlestick yang menunjukkan pola Reversal.Adapun beberapa bentuk pola Reversal yang cukup signifikan keakuratannya dalam analisa pasar (dan yang tercakup dalam buku ini) adalah sebagai berikut :

1.  Bullish Reversal Pattern
a.  Bullish Doji
b.  Hammer
c.  Inverted Hammer
d.  Bullish Engulfing
e.  Bullish Harami
f.   Morning Star
g.  Morning Doji Star

2.  Bearish Reversal pattern
a.  Bearish Doji
b.  Hanging Man
c.  Shooting Star
d.  Bearish Engulfing
e.  Bearish Harami
f.    Evening Star
g.  Evening Doji Star

Penggolongan diatas adalah berdasarkan Bullish atau Bearish Reversal‐nya. Namun dapat juga kita menggolongkannya berdasarkan banyaknya candlestick yang membentuk pola di atas dan penggolongan berikut inilah yang digunakan dalam buku ini.
1.  Single Pattern
a.  Bullish dan Bearish Doji
b.  Hammer
c.  Inverted Hammer
d.  Hanging Man
e.  Shooting Star

2.  Double Pattern
a.  Bullish dan Bearish Engulfing
b.  Bullish dan Bearish Harami

3.  Triple Pattern
a.  Morning (Doji) Star
b.  Evening (Doji) Star

Dalam  membaca  bentuk  candlestick  tersebut adalah dari dari arah kiri ke arah kanan. Sehingga keputusan terletak pada candlestick yang paling kanan. Dan konfirmasi atau trigger untuk memasang posisi Buy atau Sell biasanya terdapat di harga Open atau Close candlestick sebelumnya. Jika harga menembus harga Open atau Close dari Candlestick sebelumnya (Candlestick di sebelah kiri), barulah anda melakukan keputusan Buy atau Sell sesuai dengan arah dari pola Candlestick yang terbentuk.

Ada beberapa pola yang cukup kuat dan terkadang tidak diperlukan konfirmasi. Namun tetaplah menunggu konfirmasi agar keputusan anda tidak berakhir dengan Cut Loss. Candlestick tidak memberikan Target Harga setelah anda mempunyai posisi berdasarkan sinyal dari Candlestick.

Comments (0)

Posting Komentar