Sebelumnya dikenal dengan NAPM, efektif berubah sejak Januari 2002.

Merupakan survei penting pada aktivitas manufaktur AS yang dilakukan oleh Institute for Supply Management (ISM). Laporan biasanya dikeluarkan pada hari pertama kerja pada tiap  bulannya,  menyediakan  pandangan  awal  yang  detail  tentang  sektor  manufaktur sebelum dikeluarkannya laporan employment lain.

Survei ini dikenal dengan keakuratan jangka waktunya, luasnya informasi yang ada, dan angka yang tertera pada headline-nya  merupakan fungsi dari enam komponen utama : pembayaran   harga,   order   baru,   supplier,   pengantaran,   produksi,   inventaris,   dan employment. Perlu dicatat, ketiga komponen terakhir merefleksikan kekuatan supply (penawaran), sementara tiga komponen sebelumnya merefleksikan kekuatan demand (permintaan).

Dapat dilihat bagaimana trend relatif antara dua kelompok tersebut (supply dan demand) menggambarkan balance antar dua kekuatan tersebut, dan hal ini memberikan pandangan bagi kebijakan-kebijakan Federal Reserve.

Komponen pembayaran harga (Price Paid) secara luas diperhatikan karena komponen ini melibatkan   unsur   tekanan   harga   dalam   sektor   tersebut,   angka   50   atau   lebih mengindikasikan bahwa sektor tersebut sedang berkembang, sementara angka di bawah
50 menunjukan adanya penyusutan.

Comments (0)

Posting Komentar