Sejak  kecil  kita  diajarkan   untuk  menabung.   Menabung   dipercaya sebagai proses paling dasar dari investasi. Uang yang telah ditabungkan dapat digunakan  untuk  membeli  barang  atau  memenuhi  kebutuhan  di masa  yang akan datang. Seringkali hasil tabungan digunakan untuk berinvestasi pada aset lain atau membuka usaha. Benarkah demikian?

Jika ada yang bertanya, apakah musuh paling utama dalam investasi, maka akan banyak ahli keuangan diluar sana yang akan berpendapat bahwa musuh  utama  investasi  adalah  inflasi.  Bayangkan  Anda  baru saja mendapatkan   uang   bunga   dari   deposito   yang   sebesar   9%   per   tahun, sedangkan laju inflasi mencapai 12% per tahun. Jangankan deposito Anda berkembang, yang ada Anda kehilangan nilai karena inflasi menurunkan daya beli uang. Tidak ada yang lebih menakutkan dari kata inflasi. Apa sebenarnya inflasi? Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara menyeluruh selama rentang waktu tertentu. Misalkan harga cabe di tahun 2005 adalah Rp. 15.000 per kilogram sedangkan  di tahun 2010 mencapai Rp. 75.000 per kilogram. Tidak hanya komoditas cabe yang mengalami kenaikan harga tetapi seluruh barang dan jasa. Inilah yang disebut inflasi. Implikasi dari adanya inflasi adalah  turunnya  nilai beli uang. Artinya  dengan  nominal  uang  yang sama semakin sedikit barang dan jasa yang dapat Anda beli.

Inflasi memang tidak dapat dihindari, kita tidak akan pernah dapat menuntut  pemerintah  untuk  menghilangkan   inflasi,  sekadar  menekan  pun sudah sangat sulit. Tetapi kita bisa melakukan sesuatu guna melawan inflasi. Dapatkah kita menggunakan  karakteristik emas logam mulia guna membantu diri kita menghadapi ketidakpastian ekonomi global, perubahan kebijakan politik atau tekanan inflasi? Jawabanya : YA, Anda bisa menggunakannya. Dengan sedikit perubahan sudut pandang, Anda akan menemukan bahwa mudah sekali mempertahankan  diri dari serangan  inflasi dan ketidakpastian  ekonomi  (baik lokal maupun global). Perhatikan ilustrasi dibawah ini. Ilustrasi ini menggunakan data-data yang sebenarnya, sehingga Anda akan mendapatkan gambaran mendekati kenyataan.

Pada tahun 2008 harga sebuah mobil All New Vios E M/T adalah Rp.

175.800.000.(Harga Mobil Toyota per 1 Desember 2008.  Sumber:

rinisumasdi.blogspot.com/2008/12/daftar-harga-price-list-toyota-per-1.html)

Pada tahun 2011 harga sebuah mobil All New Vios E M/T adalah Rp.

212.400.000.(Harga Mobil Toyota per 1 Maret 2011. Sumber: rinisumasdi.blogspot.com).  Berdasarkan data diatas masing-masing mobil telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni Rp 36.600.000.

Katakanlah  Anda  ingin  membeli  sebuah  mobil  Vios  di  tahun  2008 namun Anda belum mempunyai  cukup dana. Setelah menabung selama tiga tahun,   Anda   berhasil   mengumpulkan   uang   sebanyak   Rp.   175.800.000. Ternyata  harga  mobil  sudah  melonjak  menjadi  Rp.  212.400.000  Anda  pun kembali  gagal  membeli   mobil  impian  Anda.  Ini  sering  terjadi  bila  Anda menabung secara konvensional yakni melalui tabungan biasa atau deposito.

Bagaimana  seandainya  Anda merubah uang yang Anda tabungkan dalam bentuk emas logam mulia? Mari perhatikan ilustrasi berikut ini, masih dengan kasus mobil Toyota Vios diatas.

Pada tahun 2008 harga sebuah mobil All New Vios E M/T adalah Rp 175.800.000.  Harga emas logam mulia pada tahun 2008 adalah Rp 250.000 per gram (emas  logam mulia sertifikat  PT Antam,  99.99% ; 24 K. Sumber  : Surat  Kabar  Kompas  8 Januari  2008).   Untuk  memperoleh  uang senilai  Rp
175.800.000  maka  Anda  membutuhkan  703.2  gr emas  logam mulia dengan harga per gram Rp 250.000.

Lalu  selama  tiga  tahun  Anda  menabung  dalam bentuk  emas  logam mulia hingga  mencapai  703.2gr  emas  logam mulia. Padahal  harga mobil All New  Vios   E  M/T  sudah   mengalami   kenaikan   menjadi  Rp.  212.400.000. Dapatkah  Anda  membeli  mobil impian  Anda tersebut  dengan  703.2gr  emas yang telah Anda kumpulkan? Jawabannya adalah YA. Anda bisa membelinya. Mengapa demikian? Karena harga emas logam mulia sertifikat PT. Antam per
12 Mei 2011 adalah Rp. 420.500 per gram. (Sumber: antamgold.com ) Konversikan  tabungan  emas  Anda 703.2 gram emas  kedalam rupiah dengan kurs Rp 420.500 per gram. [ 703.2 x 420500 = 295.695.000]  Tabungan emas  logam mulia  Anda  bahkan  melebihi  harga  mobil  baru  Vios  2011 (Rp.
212.400.000).   Anda   bahkan   mempunyai   "sisa"   uang   yang   dapat   Anda tabungkan atau belanjakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan cara inilah emas  logam  mulia  menjadi  instrumen  melawan  inflasi  yang  paling  handal. Karena kenaikan harga emas selalu diatas tingkat inflasi dan emas logam mulia merupakan komoditas dengan zero inflation. Sementara uang kertas justru mengalami inflasi dan penurunan daya beli.

Berinvestasi   berarti   kita  mengalihkan   uang   kita  bentuk  aset  dan berharap dimasa yang akan datang mendapatkan keuntungan. Ilustrasi diatas membantu kita melihat bahwa menabung tidak sama dengan berinvestasi. Kita  akan  mudah  kehilangan  nilai  uang  yang  kita  tabungkan  akibat  inflasi. Tetapi tidak bila Anda berinvestasi  dalam emas logam mulia. Ilustrasi diatas dapat Anda terapkan pada banyak hal mulai dari kredit rumah, tabungan pendidikan  anak, sampai  hal yang lebih sederhana  seperti  menabung  untuk membeli motor.

Comments (2)

Nama saya Ayesha Denmark dari Kuala Lumpur di Malaysia, tetapi saya tinggal di Indonesia dengan Keluarga saya sepanjang hidup saya. Saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar waspada dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk merampok uang Anda yang susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp200.000.000.000 dari ibu Gift dan saya kehilangan sekitar Rp7.000.000 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta saya membayar berkali-kali untuk biaya itu, saya membayar hampir Rp7.000.000 juta masih belum mendapatkan pinjaman, tolong jangan menghubungi ibu bernama Gift.


Untungnya bagi saya saya melihat posting di blog tentang ibu Rebacca yang merupakan pemberi pinjaman yang sah, saya menghubungi ibu Rebacca dan saya mengajukan pinjaman senilai Rp500.000.000.000, saya pikir itu lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapat pinjaman kurang dari 3 jam dengan bunga hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan dari kesulitan keuangan, saya mendesak Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman di ASIA dan bagian lain dunia, orang terbaik untuk dihubungi adalah ibu Rebacca dan saya bersumpah kepada ALLAH SWT bahwa semua masalah Anda akan terpecahkan, jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi


Ms. Rebacca Alma melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)


Ini adalah ibu yang baik Nyonya Alma WhatsApp Nomor +14052595662



Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (ayeshadanish@gmail.com) Semoga Allah menyertai Anda semua

Salam kepada kekasihku
Saya benar-benar tidak tahu dari mana saya harus memulai kesaksian saya karena nama saya yang begitu bahagia adalah Esteri Mumpung, dari Filipina, Ny. Rebacca Alma datang untuk menyelamatkan saya dan menyelamatkan semua kesedihan saya.
Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, saya sangat berhutang budi sejauh orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan REBACCA ALMA LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya kepadanya dan di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itulah sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya punya hapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket dan investasi saya sendiri terjadi di Filipina dan Indonesia, saya baru saja membuka pusat perbelanjaan di Malaysia belum lama ini dan saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusannya dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri.
Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) juga hubungi Mrs. Rebbacca melalui nomor whatsapp +14052595662.

Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa dalam dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi keuangan turnover dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Rebacca Alma di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda.

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (esterimumpung77@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu Rebacca Alma karena dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda. . Semoga Tuhan memberkati kalian semua.

Posting Komentar